Berkunjung ke Klenteng Tertua di Bekasi - Klenteng Hok Lay Kiong

Klenteng Hok Lay Kiong menjadikan diantara klenteng tertua di Bekasi. Tak ada yang tahu eksak kapan tepatnya klenteng yang berada di Jalan Kenari, Margahayu, ini dibangun, tapi diprediksi klenteng ini telah bangkit semenjak 300 – 400 tahun yang lalu. Tak tidak sama dengan kebanyakan klenteng, di sini warna merah masih mendominasi bangunan dan segala ornamennya.

Meskipun telah beberapa kali direnovasi, tapi beberapa bagian dari klenteng seluas 650 meter persegi ini masih asli seperti pintu, patung dewa, altar dan tiang penyanggah. Selain menjadi tempat sembahyang untuk umat Kong Hu Cu, Buddha dan Taoisme, klenteng ini juga menjadi diantara tempat wisata di Bekasi yang banyak dikunjungi.

Di altar utama bangkit patung Dewa Hok Lay Kiong, tak jauh dari dari altar ini, masih ada beberapa patung dewa lainnya seperti patung Dewi Kwan Im. Dewi kasih sayang ini menjadi tempat berdoa bagi orang-orang yang ingin didekatkan jodohnya. Untuk kelancaran rezeki, orang-orang bakal berdoa di hadapan patung Dewa Tjay Sen Loya.

Jika ingin menikmati suasana yang tidak sama dengan hari lainnya, cobalah datang pada saat helataan imlek. Saat itu, biasa dikerjakan upacara penyucian patung dewa dan karnaval barongsai. Ada juga ritual Tabur Sial, di mana dikerjakan pelarungan kertas berisi harapan ke Sungai Bekasi dan pelepasan kura-kura.

0 comments: